Pages

Kamis, 06 September 2012

aat berita keinginan Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid terus jadi ulasan media di berbagai belahan dunia, Barcelona justru mengisyarakan sebuah rencana besar.

Apa itu? Mereka akan mengikat bintang utama El Barca, Lionel Messi dengan kontrak seumur hidup.
Seperti dikutip AS, Selasa, 4 September, presiden klub Sandro Rosell kini tengah menyiapkan kontrak untuk mengikat Messi hingga karier profesionalnya berakhir.

Ini untuk mencegah pemain alumni akademi sepak bola La Masia tersebut berpikir untuk berkiprah di klub lain. "Sebuah kontrak yang hanya diberikan pada pemain spesial, Lionel Messi," tulis AS.

Jika tawaran Barcelona disepakati oleh Messi nantinya, dia akan menghabiskan seluruh perjalanan karier sepak bolanya di Nou Camp. Padahal, beberapa waktu lalu, pemain terbaik dunia tiga kali ini menyatakan ingin pulang ke kampung halamannya di Argentina untuk membela klub Newell's Old Boy.

"Saya bermimpi suatu hari kelak akan kembali ke Argentina untuk membela klub idola saya," ujar Messi waktu itu.
Media Spanyol lainnya, Mundo Deportivo, melaporkan rencana Barcelona untuk mengikat Messi hingga akhir kariernya, sudah mulai dirintis sejak 16 Agustus lalu. Jika terealisasi, artinya sudah enam kali Messi melakukan perbaruan kontrak sejak 2005 lalu.

Ketika itu, Messi baru saja merayakan keberhasilannya meraih Piala Dunia U-20 bersama Timnas Argentina. Sepasang penalti Messi cukup untuk menyingkirkan Nigeria 2-1 di partai puncak.

Ini adalah kontrak profesional pertama "King Leo", dan uniknya cuma bertahan beberapa bulan saja. September tahun yang sama, sang bocah ajaib kembali menandatangani kontrak baru setelah penampilan gemilangnya di Joan Gamper Trophy. Saat itu Barcelona memukul Juventus dalam drama adu penalti.

Setelah itu, Messi menjadi salah satu pemain paling ditunggu kehadirannya. Tidak hanya oleh publik Camp Nou, tetapi juga dunia.

Januari 2007, terjadi lagi penandatanganan kontrak baru. Messi diikat hingga tujuh tahun ke depan, yang berarti hingga 2014. Saat itu, buy out clause Messi sudah sangat tinggi. Klub yang berminat meminangnya harus merogoh kocek sebesar 150 juta Euro. Namun, hal ini belum berakhir.

Seiring dengan kehadiran Pep Guardiola, Lionel Messi mendapatkan nomor 10. Ronaldinho dilepas ke AC Milan, dan perannya makin tak tergantikan. Gol demi gol lahir darinya, melebihi jumlah gol siapa pun di Barcelona.

Pada musim 2009-2010, lagi-lagi Messi mendapat perpanjangan kontrak hingga 2016 dengan buy out clause sebesar 250 juta Euro. Secara teknis, tidak akan ada klub yang berani "merampok bank" demi mendapatkan pemain kidal asal Rosario, Argentina ini. (fmc/ian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar