Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Siapakah Pemilik BARCELONA ???

Bagi kaum awam, mungkin banyak yang berpikir bahwa pemilik Barcelona adalah sang presiden klub, yakni Sandro Rosell. Salah. Anggapan itu salah besar. Berbeda dengan klub-klub lain di Eropa, pemiliki sejati dari Barcelona adalah anggotanya. Tak heran kalau Barcelona disebut sebagai salah satu klub paling demokratis di dunia.

Keunikan kepemilikan klub oleh anggota saat ini memang hanya ada di Spanyol. Di Liga BBVA saat ini,selain Barcelona, ada tiga klub lain yang model kepemilikannya ala koperasi di Indonesia. Mereka adalah Real Madrid, Athletic Bibao, dan Osasuna.

Di klub-klub tersebut presiden dan staf hanyalah pelaksana. Kepemilikan ada di tangan anggotanya yang berjumlah sekitar 80 ribu orang. Mereka dinamakan socios.

Sedikit berlainan dengan koperasi, socios tidak menerima deviden. Mereka hanya punya kekuasaan penuh untuk memilih dan menurunkan presiden klub. Sistem ini dipakai sejak 1902. Socios wajib membayar iuran tahunan. Merekalah aset utama klub sehingga Barcelona hampir tidak mungkin bisa bangkrut.

Dulu para socios adalah sumber utama pendanaan klub. Sekarang tidak lagi. Sumber dana utama beralih ke hak siar televisi, sponsorship, dan penjualan merchandise. Meski demikian, kekuasaan klub tetap di tangan mereka.

2 komentar: