Pages

Minggu, 19 Februari 2012

Diego Alves, "Pembunuh 12 Pas" Messi Dan CR7

Pada awal Februari ini, bintang sekelas Lionel Messi harus gagal mencetak gol lewat titik putih ke gawang Valencia yang dijaga Diego Alves. Orang-orang bilang Messi hanya kurang beruntung membobol gawang Alves dari titik 12 pas. Akan tetapi, bila orang-orang tersebut melihat rekor Alves, alasan ketidakberuntungan Messi bisa dipertanyakan.

Asal tahu saja, Alves memiliki rekor apik menghentikan tendangan penalti lawan. Tercatat, 11 dari 17 tendangan penalti berhasil dihentikan kiper asal Brasil itu sejak bermain di Spanyol pada 2007. Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, Fernando Llorente, atau Frederic Kanoute pernah gigit jari karena tak mampu membobol gawang Alves dari titik putih.

Alves ternyata mempelajari banyak cara bagi seorang kiper menghentikan penalti lawan. "Penalti adalah pertempuran psikologis. Kiper harus rileks dan masuk ke pikiran lawan. Aku belajar kebiasaan arah tendangan serta gestur tubuh lawan. Langkah sebelum mereka menendang menjadi faktor kunci," Alves beberkan rahasia.

Alves hanya segelintir kiper yang fasih membaca tendangan penalti. Sejak dahulu, sudah banyak kiper-kiper dunia yang dijuluki "Penalty Killers ". Sebut saja, Lev Yashin, kiper legendaris Uni Sovyet (sekarang Rusia) yang telah menahan 150 penalti sepanjang kariernya. Lalu, ada juga kiper kenamaan Jerman, Rudi Kargus yang menggagalkan 23 dari 73 penalti lawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar