Pages

Senin, 13 Februari 2012

Jelang Laga Leverkusen vs Barcelona

Leverkusen 40 - 60 Barcelona

Okezone
BAYER Leverkusen bakal kedatangan tamu agung Barcelona pada leg pertama 16 besar Liga Champions, dini hari nanti. Siapa yang akan menang?

Berbicara soal peluang menang, tentunya banyak kalangan menjagokan Barca. Selain unggul dalam materi pemain, Barca juga punya mental baja karena berstatus juara bertahan.

Namun, anggapan di atas tak lantas jadi patokan Barca bakal mudah melewati hadangan Bayer di BayArena. Kekalahan 2-3 yang diderita pasukan Pep Guardiola di laga terakhir La Liga memberikan tambahan motivasi Stefan Kiessling dkk.

Apalagi, Leverkusen juga punya rekor cukup apik di kandangnya pada Liga Champions musim ini. Leverkusen sukses menggondol poin penuh dari tiga laga kandang di fase grup. Genk (2-0), Valencia (2-1) dan Chelsea (2-1) sukses dibenamkan di stadion berkapasitas 30.000 kursi tersebut.

Namun, ada kendala yang patut jadi perhatian pelatih Robin Dutt. Leverkusen tengah dalam periode buruk di pentas Bundesliga setelah dikalahkan Borussia Dortmund 0-1 di laga terakhir, akhir pekan kemarin.

Hal ini ditambah dengan cederanya beberapa pemain. Pemain veteran, Michael Ballack harus absen lantaran cedera betis. Begitu juga dengan mesin gol andalan Eren Derdiyok yang juga dibekap cedera. Absennya bomber asal Swiss ini jelas jadi pukulan telak buat tim penghuni peringkat enam klasemen sementara Bundesliga. Pasalnya, Derdiyok merupakan satu-satunya pemain yang mampu mencetak dua gol.

Menghadapi Barca yang punya rekor rata-rata mencetak 4 gol di Liga Champions musim ini, Leverkusen dipastikan harus bermain disiplin penuh dan memaksimalkan serangan balik cepat. Mencetak gol merupakan hal yang harus bisa dilakukan Leverkusen. Lebih bagus lagi mampu mencetak gol cepat.

“Sebuah keajaiban jika kami mampu mengalahkan mereka di dua pertemuan. Barca bahkan lebih baik dari Timnas Spanyol (Juara Eropa dan Dunia). Jadi, kami harus memperhatikan seluruh pemain Barca termasuk pemain cadangan mereka,” tegas pelatih Leverkusen Robin Dutt di sesi konferensi pers sebelum laga.

Sementara di kubu lawan, Barcelona datang dengan mengusung amarah menyusul kekalahan atas Osasuna. Barca dipastikan bakal mengalihkan fokus ke Liga Champions, karena peluang mereka menjuarai La Liga kian tipis lantaran terpaut 10 poin dari rival utamanya, Real Madrid.

Di laga nanti, Pelatih Pep Guardiola dipastikan bakal memainkan skuad terbaiknya. Lionel Messi bakal kembali mendapat dukungan dari duet gelandang Xavi Hernnandez dan Andres Iniesta serta Cesc Fabregas yang diistirahatkan saat melawan Osasuna.

Kekuatan lini tengah Barca juga semakin kuat lantaran Sergio Busquets juga masuk dalam skuad, meski belum pasti diturunkan karena baru pulih dari cedera lutut.

Di pentas Liga Champions musim ini, penampilan Barca memang jauh lebih stabil ketimbang di pentas domestik. Di fase grup, Barca memastikan diri lolos dengan status juara grup, dengan rekor tidak terkalahkan. Barca juga mencetak 20 gol yang notabene catatan gol tertinggi di Liga Champions, menyamai rekor Manchester United pada 1998-1999.

Menilik rekor saat berhadapan dengan tim asal Jerman, Barca bisa sedikit jumawa. Pasalnya, dari total 21 kali lawatan ke Negeri Hitler, El Barca sukses meraih delapan kemenangan dan lima kalah. Di tujuh lawatan terakhirnya, Barca bahkan tak terkalahkan (4 menang, 3 imbang).

Namun, ada sedikit nilai yang mengiringi perjalanan Barca ke BayArena. Ya, El Barca pernah kalah dari Leverkusen pada musim 2001-2002. Saat itu, Barca kalah 1-2 di fase grup. Leverkusen sendiri mampu melaju hingga final sebelum dihentikan Real Madrid 1-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar