Pages

Rabu, 08 Februari 2012

"Valencia Pernah ada di Atas Barca"

BARCELONA - Pertarungan hidup-mati antara Barcelona dan Valencia dalam memburu tiket final Copa del Rey, membuat Gaizka Mendieta terkenang akan masa lalunya. Dia pun membeberkan pengalamannya bermain di dua klub tersebut.

Mendieta diketahui merupakan pemain yang sempat memperkuat Valencia dan Barcelona. Namun, mantan gelandang Timnas Spanyol lebih punya memori manis saat membela Los Che di era 1992 - 2001. Sementara di Barca (2002-2003), Mendieta hanya berstatus pemain pinjaman.

Berbicara soal duel Barca kontra Valencia di leg kedua Copa del Rey, dini hari nanti, Mendieta menilai Barca tetap favorit keluar sebagai pemenang karena unggul kualitas pemain dan bermain di hadapan publiknya, Camp Nou.

Namun, meski demikian Mendieta tidak menutup peluang Valencia bisa membuat kejutan dengan mengeliminasi Barca. Gelandang yang sempat memperkuat Lazio ini merujuk pada kesuksesan Valencia mendominasi Barca di era Millenium (2000an).

“Di era saya, saat itu Valencia punya tim yang dominan atas Barcelona, saat kami sering menghadapi mereka di Liga Champions, La Liga dan Copa,” tutur Mendieta mengenang sukses Valencia mengeliminasi Barca (agregat 5-3) di semi final Liga Champions musim 1999-2000.

Valencia diketahui sempat punya skuad yang mumpuni di era 2000an. Bersama Mendieta dalam skuad, Valencia sempat dua kali secara beruntun mampu menembus final Liga Champions, yakni musim 1999-2000 dan 2000-2001. Sayang dalam dua kesempatan tersebut Los Che harus puas jadi runner-up setelah kalah dari Real Madrid (0-3) dan Bayern Munich lewat drama adu penalti 5-4 (1-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar